Thursday, May 14, 2015

Basic Of Electricity - Kesimpulan Level 1

Untuk awal, ingat saja bahwa atom memiliki dua partikel kecil bermuatan listrik, Electron (-) dan Proton (+)













Ketika diberikan gaya luar seperti pergerakan medan magnet, gesekan dan aksi bahan kimia (contoh kimia : battery), electron pada outer band mudah lepas (menjadi free electron), dan meninggalkan kekosongan, sehingga atom tersebut kekurangan electron. Atom yang kekurangan electron menjadi muatan positif, dan akan menarik electron dari atom lain sampai jumlah electron dan proton kembali sama.

Maka kejadian diatas merupakan dasar dari aliran listrik atau aliran electron. Dimana yang disebut aliran listrik adalah pergerakan electron yang berpindah-pindah dari atomnya ke atom kedua, kemudian dari atom kedua ke atom ke tiga dan seterusnya sampai tidak ada gaya luar yang membuat electron lepas dari orbitnya.






















Mengalirnya listrik tentunya melalui suatu bahan, ada bahan yang membolehkan free electron bergerak dengan jumlah banyak (Conductors), ada bahan yang membolehkan free electron bergerak dengan jumlah sedikit (Insulators) dan ada yang bisa menjadi keduanya (Semiconductors) yang tergantung dari arah aliran electron.

Conductors seperti tembaga, perak, alumunium, seng, kuningan dan besi
Insulators seperti plastik, karet, kaca, mica dan keramik
semiconductors seperti dioda, transistor dan komponen solid-state lainnya

Aplikasi Conductors dan Insulator adalah kabel yang sering kita pakai.




       
Ketika Electron Dan Proton Jumlahnya Sama
Conductors, Insulators dan Semiconductors
                                     


No comments:

Post a Comment