Wednesday, May 27, 2015

Fungsi Dari "Option Explicit" Pada VB6

Kembali lagi pada VB6, setelah tugas akhir sarjana terapan menggunakan VB.Net, sekarang proyek dalam pekerjaan memaksa saya untuk belajar kembali VB6. Untuk mengkomunikasikan PLC Mitsubishi dengan Atop Controller. (Untuk Penjelasan Cara Komunikasi PLC Mitsubishi dan Atop Controller Menyusul)

Nah, biar tidak lupa mengenai script yang digunakan pada VB6, maka saya ikat ilmu itu di blog ini. Sekarang yang akan kita bahas adalah fungsi dari "Option Explicit".

Secara singkat saya jelaskan "Option Explicit" berguna untuk membantu kita dalam mencari kesalahan dan memberi tahu kita letak kesalahannya (debug). Maka fungsi ini memaksa kita agar tidak lupa untuk mendeklarasikan semua variable yang kita buat.

Saat program yang kita gunakan sedikit, mungkin mudah ditemukan kesalahan itu tanpa bantuan fungsi ini, tapi bila programnya sudah banyak, maka akan kesulitan untuk menemukan kesalahan itu.

Ok biar cepat mengerti perhatikan gambar berikut.


Gambar ini belum menggunakan fungsi "Option Explicit"

Pada gambar diatas varible 'satu' belum saya deklarasikan, maka ketika saya tekan tombol start, kemudian saya tekan tombol 'cmnOpen', maka tidak akan terjadi apa-apa. Padahal variable 'satu' belum dideklarasikan. Nah sekarang perhatikan gambar berikut ketika menggunakan fungsi "option explicit".


Biasanya penggunaan option ecplicit disimpan di atas,
atau awal program

Maka ketika kita tekan 'cmdOpen' yang terjadi adalah :


tampil pop up error, menjelaskan adanya variable yang belum dideklarasi

Saat muncul keterangan error yang mengatakan adanya variable belum dideklarasikan, dengan otomatis warna blok biru pada teks 'satu' menunjukan letak kesalahannya.


Letak kesalahannya


Sip, untuk penjelasan fungsi "Option Explicit" saya rasa cukup sampai disini, tunggu pembahasan selanjutnya.














No comments:

Post a Comment