Thursday, May 14, 2015

Kenapa Kita Harus Memiliki Kebiasaan Membaca



Membaca itu menentukan pola pikir, membaca adalah bentuk memahami. Bila kita teliti, sesungguhnya setiap permasalahan yang kita alami maupun yang kita lihat, bila ditelusuri sampai ke akar permasalahannya, maka akan bertemu dengan kebiasaan membaca.

kebiasaanlah yang sangat menentukan, kebiasaan membaca merupakan bentuk dari kebiasaan memahami sesuatu. Berapa banyak permasalahan kehidupan cepat tersolusikan dengan memahaminya terlebih dahulu.

Seorang insinyur tidak akan sembarang dalam menciptakan pesawat, ia akan memahaminya terlebih dahulu sebab akibat dari semua faktor yang berkaitan, sehingga pesawat sampai sekarang bisa dinikmati kita semua.

Seorang ayah sukses dalam mendidik anaknya, karena ia memahaminya terlebih dahulu, berbeda bila tidak dipahami dan langsung menerapkan cara mendidik anak yang dipakai orang lain, karena setiap anak berbeda cara mendidiknya.

Dari mana memahami itu muncul ? 

Saat kita paham sesuatu, itu artinya ada ilmu di pikiran kita. Dari mana ilmu itu ? dari membaca! membaca disini memang bukan berarti membaca text, membaca itu maknanya luas, kita menyempatkan waktu berfikir "kenapa ya dia begitu" itu juga termasuk membaca sesuatu. Tapi itu sebagian kecil, dan sebagian besarnya adalah membaca buku. Kenapa ? karena di dalam buku, semua permasalahan yang dibahas di dalamnya sangat jelas, lengkap dan terstruktur.

Maka dari itu, buku dan artikel sangatlah berbeda. Jangan mengatakan bahwa dengan membaca artikel kita sudah seperti membaca buku disetiap harinya. Parahnya ada yang menganggap membaca setatus di media sosial sudah seperti membaca buku.

Maka, mari kita biasakan membaca buku apa saja. Mari kita mulai dari buku-buku yang kita sukai, buku itu dibuat dari pengalaman yang dihabiskan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dari penulisnya, yang kita bisa nikmati tidak lebih dari seminggu.

Selamat membaca buku, selamat memahami dunia, jangan sampai masa tua kita sebagai masa pengingat pentingnya membaca di masa muda -Bobby-





No comments:

Post a Comment