Monday, March 16, 2015

Kenapa Harus Belajar Fisika ?

Mencoba memahami Fisika, berarti mencoba memahami Alam. Karena kembali kepada bahasa yunani, Fisika adalah “Alam”. Kita semua mengetahui bahwa di alam ini penuh dengan benda-benda dan dengan ilmu Fisika kita mempelajari sifat dan gejala benda-benda tersebut.

Gejala-gejala ini berawal dari apa yang dialami oleh indra kita. Misalnya penghilatan yang menemukan gejala optik atau cahaya, pendengaran menemukan gejala bunyi dan indra peraba menemukan gejala seperti panas dan dingin.

Mengapa kita perlu mempelajari Fisika ?

Menurut sejarah, fisika adalah bidang ilmu yang tertua, karena semua ilmu dimulai dari pengamatan-pengamatan dari gejala-gejala benda.

Tengoklah Galileo dan Newton. Galileo merumuskan hukum-hukum mengenai benda-benda yang jatuh dan Newton mempelajari gerak benda.

Dan zaman ini, yang dikatakan zaman modern, telah banyak didukung oleh ilmu Fisika. Tidak hanya teknologi, tapi industri, komunikasi, engineering, kimia, biologi, kedokteran, dll.

Bagaimana pesawat bisa terbang ?, Matahari bisa terbit dan terbenam, mengapa lampu bisa membuat terang ? mengapa bisa berbicara jarak jauh menggunakan telfon? Dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan mengenai gejala yang kita temukan. Dan semua itu kita pelajari di ilmu FISIKA.

Sekarang pertanyaannya adalah, apakah kalian mengetahui dibalik kontribusi ilmu Fisika ini ?

Sejarah membuktikan, kontribusi ilmuwan Muslim dalam bidang Fisika sangatlah besar. Karya-karya ilmuwan Muslim baik klasik maupun modern, bisa dikatakan sangat melimpah.

Pada zaman ini, kita pasti sudah sangat mengenal dengan kata “kamera”, tapi kita pasti tidak mengenal dengan jasa seorang Muslim ahli fisika eksperimentalis pada abad ke-11, yaitu Ibn Al-Haytham. Ia adalah seorang pakar optic. Bukunya tentang teori optic, al-Manazir, khususnya dalam teori pembiasan, diadopsi oleh Snell (hukum snell) dalam bentuk yang lebih sistematis.

Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di : http://insistnet.com/fisikawan-muslim-mengukir-sejarah/

Setiap hari kita bermain dengan gejala-gejala yang disebut ilmu fisika ini. Namun hanya karena ilmu kita dapat menyadari itu. Masihkah kita malas belajar fisika karena rumus-rumus yang tidak kita mengerti ? Karena guru-guru yang menjelaskannya pun tidak mengerti ?

Sesungguhnya, bila kita mengerti terhadap sesuatu hal, kita akan menikmatinya bahkan mengejarnya.

Selamat Belajar Fisika





  

No comments:

Post a Comment