Wednesday, May 20, 2015

Jangan Sepelekan Kegiatan Sederhana Di Pagi Hari Ini Bila Ingin Bahagia


Pagi hari adalah penentu kualitas aktifitas di sepanjang hari. Bila kita memanfaatkan pagi hari dengan baik, maka in shaa Allah selama 24 jam kita akan mengisinya dengan lebih produktif dan tentunya dengan bahagia penuh semangat.

“Ya Allah, berkahilah umatku pada pagi harinya…”
(shahih Abu Daud:2606 Syaikh al-albani)

Bagi siapa yang mengisi waktu pagi hari dengan tidur dan melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat, saya pastikan sepanjang harinya akan dilingkupi dengan perasaan gelisah, walaupun kita tidak menyadarinya, kualitas aktifitas kita akan menurun, karena tidak ada persiapan di pagi harinya. 

Juga Emosi kita tidak setabil, gampang marah, gampang tersinggung, gampang dengki, penuh prasangka tidak baik, dan lainnya. Maka jadikan pagi hari kita sebagai persiapan, menjadi bekal untuk menghadapi hari-hari kita. Berikut beberapa kegiatan yang bisa menambah semangat dan kebahagiaan di setiap harinya.



Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata,
“Diantara perkara yang dibenci kalangan para pendahulu kita nan shalih adalah tidur antara usai shalat shubuh dan terbitnya matahari”




Bangun 20 menit sebelum adzan subuh

Ini khusus bagi yang belum terbiasa shalat tahajjud, kita bisa membiasakannya bangun 20 menit sebelum adzan subuh, untuk melakukan shalat tahajjud 2 rakaat dan persiapan shalat berjamaah di masjid. In shaa Allah setelah terbiasa kita bisa tingkatkan menjadi bangun satu jam sebelum adzan subuh dan seterusnya.

Dengan kita melakukan shalat tahajjud 2 rakaat ini, bisa membuat hati kita merasa lebih tenang. Dan tentunya banyak keutamaan dari amalan shalat tahajjud ini yang bisa dirasakan di dunia apalagi di akhirat.

"Umat Rasulullah SAW banyak yang melalaikan shalat tahajud. Padahal dengan melakukanya setiap malam, kita bisa menjadi salah satu golongan penghuni surga" -Yusuf Mansur





Menghafal satu ayat Al-Qur’an

Menghafal satu ayat setiap harinya, cukup satu ayat saja, tapi kita sering mengulang dan paham akan artinya, maka in shaa Allah kita mudah mengamalkan kandungannya. 

Bayangkan bila ini terbiasa setiap harinya maka satu tahun kita sudah hafal 3 juz ! dan ingatan hafalan kita kuat, karena sehari satu ayat yang diulang-ulang. 

Walaupun kita tidak terus mengulang, tapi otak ini akan secara otomatis mengulangnya, sama ketika kita mendengarkan lagu, secara otomatis otak kita akan mengulang lagu yang kita dengar baik itu didalam hati atau reflek bersenandung bukan?





Olahraga 7 menit

Lakukan olah raga ringan selama 7 menit, kita bisa mencari di google untuk jenis olahraga 7 menit ini, dengan berbagai variasi gerakan olahraga yang bisa membuat badan kita lebih segar.

Tentunya dengan olahraga membuat otak kita bekerja lebih baik saat beraktifitas atau saat belajar.





Membaca buku perkembangan diri

Membaca ringan buku perkembangan diri di pagi hari bisa menentukan semangat dan gairah di sepanjang harinya. Ga usah banyak-banyak, cukup satu lembar atau satu bab ringan. In shaa Allah kita mudah mengamalkan ilmunya.

Yang belum punya bukunya, ya sementara baca artikel-artikel penuh inspirasi dan motivasi. Tapi disarankan memiliki bukunya.





Merencanakan Kegiatan


Kegiatan sehari-hari harus memiliki rencana, agar waktu yang kita punya tidak terbuang dengan memikirkan akan melakukan apa. Dan biasanya bila kita terbayang akan melakukan apa disetiap harinya, maka bayangan itu akan mendorong diri kita lebih semangat dan tidak mengantuk.

Mendorong kita untuk segera menyelesaikannya, terutama ketika kita berhasil menyelesaikan salah satu rencana yang kita buat, maka hasilnya akan membuat diri kita puas dan lebih semangat lagi untuk menyelesaikan rencana lainnya.

Apalagi kalau rencana yang diselesaikanya itu berurutan.





No comments:

Post a Comment