Wednesday, April 29, 2015

Basic Of Electricity - Conductors, Insulators dan Semiconduktors, Manakah Yang Bisa Dilalui “Free Electron” ?

Conductors
Aliran electron seperti yang sudah dibahas sebelumnya, akan terjadi bila free electrons (electron bebas) bergerak dari satu atom ke atom selanjutnya. Tentunya aliran electron tersebut bergerak melalui suatu bahan.

Ada bahan yang dapat membolehkan electron untuk bergerak dengan jumlah yang banyak, maka bahan tersebut disebut Conductors.


Tembaga, perak, aluminium, seng, kuningan dan besi adalah bahan yang bagus untuk menjadi Conductor. Tembaga adalah bahan umum yang sering digunakan untuk conductor dan tembaga relatif murah.

Pada Conductor Electron Bergerak Dengan Jumlah Lebih Banyak



Insulators
Dan bahan yang dapat membiarkan electron bergerak dengan jumlah sedikit disebut Insulators. Bahan seperti plastik, karet, kaca, mica, dan keramik adalah bahan yang bagus untuk dijadikan insulator.

Pada Insulator Electron Bergerak Dengan Jumlah Sedikit

Untuk contoh penggunaan conductor dan insulator adalah kabel. Electron mengalir sepanjang condutor tembaga untuk memberikan energi kepada alat elektronik seperti radio, lampu atau motor. Dan insulator mengelilingi sisi luar tembaga untuk menjaga electron agar tetap pada conductor.

Aplikasi Conductor dan Insulator pada kabel

www.thel-audioworld.de Contoh Kabel Di Pasaran



Semiconductors
Bahan semiconductor seperti silicon (Si), dapat digunakan untuk membuat perangkat yang dapat memiliki dua karakteristik conductor dan insulator. Jadi alat ini bisa menjadi conductor atau insulator. 

Banyak perangkat semiconductor yang bisa menjadi conductor ketika diberikan aliran electron pada arah tertentu, namun ketika aliran electron diberikan pada arah sebaliknya maka semiconductor menjadi insulator. Prinsip ini adalah dasar untuk transistor, dioda dan perangkat solidstate lainnya.



       
Kesimpulan Level 1
Munculnya "Free Elektron"
                                       


No comments:

Post a Comment