Tuesday, April 28, 2015

Basic Of Electricity - Apakah Itu Atom ?

Sebelum membicarakan bagian atom, sudah mengetahui tentang materi kan ? itu loh yang menempati ruang dan mempunyai masa, ada yang padat, cair, gas dan plasma, ingat ? semua benda yang kita temui tersusun oleh materi. Nah materi itu terdiri dari beberapa molekul dan molekul terdiri dari kombinasi beberapa Atom.


Udara, air, gunung, binatang, tumbuhan, badan kita, komputer yang sedang kita gunakan, celana yang dipakai dan apapun yang kita lihat, pegang dan rasakan, dari yang ringan sampai yang berat, itu semua dibentuk dari atom-atom.

Setiap dari halaman buku yang kita pegang terdiri dari miliaran atom. Atom adalah partikel yang sangat kecil, yang tidak dapat dilihat bahkan dengan microscopes yang paling canggih. Diameternya saja sepersejuta milimeter. Bisa dibayangkan ?

Ya, tentunya tidak akan bisa dibayangkan.

Sudah sangat kecil, sulit dibayangkan, eh, di dalam atom ada suatu sistem yang sempurna, unik dan komplek yang dimana kecanggihannya sebanding dengan kecanggihan sistem yang kita lihat di alam semesta pada umumnya. Masya Allah..

Allah menciptakan semuanya berpasang-pasangan, termasuk besar dan kecil, pada ciptaan yang besar ada pula ciptaan yang kecil yang serupa. 

Dalam mempelajari atom, berarti kita mempelajari suatu dasar dari segala sesuatu yang hidup maupun yang mati. Tapi pada bagian ini, kita akan mempelajari bagaimana awal mula dan penyebab adanya aliran listrik yang sering kita gunakan untuk menyalakan lampu, radio, TV, HP dan yang lainnya, yang ternyata berasal dari sistem cerdas bernama atom.


Secara sederhana, cukuplah dikatakan bahwa ada dua partikel kecil yang membentuk Atom yaitu Proton dan Electron, mereka berdualah yang membawa muatan listrik

Tapi lebih detail lagi, di dalam atom ada yang namanya nucleus (inti Atom) dengan electron yang mengorbit (mengelilingi pada jalurnya) disekitarnya. Nucleus itu terdiri dari Proton dan Neutron.

Kebanyakan, Atom memiliki electron dan proton dalam jumlah yang sama (seperti pada contoh gambar dibawah). Electron memiliki muatan negatif (-), Proton memiliki muatan positif (+) dan Neutron memiliki muatan netral.

Muatan negatif dari electron di seimbangkan oleh muatan positif dari proton, dengan cara electron diikat pada orbitnya oleh daya tarik dari proton. Ini disebut sebagai Ikatan Electron (Bound Electrons). Mirip dengan sistem tata surya kan ?




Oh ya, sebagai tambahan, ternyata proton dan neutron pada nucleus terdiri dari partikel-partikel kecil yang disebut Quarks. Sudah atom kecil, ada yang lebih kecil lagi. Allahu Akbar!



http://m.harunyahya.com
1. Molekul
2. Atom
3. Nucleus
4. Proton
5. Electron
6. Quark





















Teori Electron [Munculnya "Free Electron"] 
       
                                               




No comments:

Post a Comment