Wednesday, July 1, 2015

Jangan Pernah Mengatakan “Aku Bisa Melakukan Itu Besok”

Jangan Pernah Mengatakan “Aku Bisa Melakukan Itu Besok” (frog-dog.com)
Seyakin-yakin nya kita terhadap kemampuan diri, misalkan kita adalah seorang dokter, lalu ada seorang pasien meminta untuk diobati esok hari, lantas kita yakin dan mengatakan “Baik, besok saya bisa mengobati anda”, karena melihat kondisi kita yang memungkinkan untuk melakukannya. 


Tetap hal seperti ini tidak diperbolehkan dalam Islam. Karena tetap, esok hari adalah sesuatu yang ghaib, masa depan yang belum diketahui oleh kita sebagai manusia. Maka Islam mengajarkan kita untuk menambahkan kalimat “In shaa Allah” (Jika Allah Menghendaki).

Hal tersebut sebagai bentuk penghambaan dan keyakinan kita terhadap Allah, karena kehendak Allah sajalah semua hal bisa terjadi.

“Dan jangan sekali-kali engkau mengatakan terhadap sesuatu. ‘Aku pasti melakukan itu besok pagi’. Kecuali (dengan mengatakan), ‘In shaa Allah’. Dan ingatlah kepada Tuhanmu apabila engkau lupa dan katakanlah ‘Mudah-mudahan Tuhanku akan memberiku petunjuk kepadaku agar aku lebih dekat (kebenarannya) dari pada ini”
(QS. Al-Kahfi :23-34)

Seperti menurut riwayat, ada beberapa orang Quraisy bertanya kepada Nabi Muhammad saw. tentang Ashabul Kahfi dan kisah Zulkarnain, lalu beliau menjawab, “datanglah besok pagi kepadaku agar aku ceritakan kepadamu”. 

Dan Beliau tidak mengucapkan In Shaa Allah, Tapi rupanya sampai besok harinya wahyu terlambat datang untuk menceritakan hal-hal tersebut dan Nabi tidak bisa menjawabnya. 

Maka turunlah ayat 23-24 diatas. Sebagai pelajaran kepada Nabi, Allah mengingatkan pula bilamana lupa menyebut In Shaa Allah haruslah segera mengucapkannya kemudian.



No comments:

Post a Comment