Thursday, July 9, 2015

Islam Mengajarkan Kita Untuk Selalu Menebar Senyum Manis

Islam Mengajarkan Kita Untuk Selalu Menebar Senyum Manis (http://theartmad.com)
Menebar senyum manis kepada orang-orang yang “miskin akhlak” merupakan sedekah jariyah. Ini, tersirat dalam tuntunan akhlak yang berbunyi, “… meski engkau hanya menemui saudaramu dengan wajah berseri.” (Al-Hadits).

Pernah suatu ketika, pulang dari kerja, mengendarai kendaraan dengan lamban, sehingga rekan yang juga mengendarai kendaraan menyusul dari arah sebelah kanan. Ketika saya melihatnya, ia sedang tersenyum ramah kepada saya. Seketika itu pula rasa tidak menentu di hati menjadi bahagia.

Pernah juga suatu ketika, berangkat kerja dan menemukan rekan kerja yang sedang bermuram wajah. Sehingga perasaan semangat ini berubah menjadi perasaan praduga negatif kepadanya. Dan hasilnya, semangat di hari itu hilang.


Lihatlah betapa berpengaruhnya kita terhadap lingkungan. Yuk, memulai sedekah jariyah, tidak harus berbentuk uang, namun senyuman dengan wajah berseri. 

Tentunya senyuman yang tidak sembarang ya, senyuman ini harus pada tempatnya. Maksudnya jangan malah karena harus senyum berwajah berseri, maka kita ke non mahram pun main senyum-senyum aja.. ssst berbahaya..

No comments:

Post a Comment